Modifikasi Power OCL 150 Watt Untuk Digunakan Sebagai Power Amplifier Speaker Toa.

  • Whatsapp

Perbedaan mendasar dari amplifier model driver OCL dengan amplifier khusus Toa adalah dibagian trafo OT alias trafo Output Impedansi. Dan tentu saja perbedaan yang lainnya adalah karakter amplifier merk Toa adalah sudah di desain bermain di suara Middle High.

Sedangkan OCL 150 watt yang umum di pasaran adalah untuk amplifier buat rumahan,yang di desain untuk menghasilkan suara lembut,halus dan memang kurang cocok untuk di pasang atau dipasangkan dengan speaker Toa di Mesjid.

Bacaan Lainnya

Baca juga di sini cara buat trafo impedansi untuk speaker Toa.

Namun berhubung amplifier khusus Toa lumayan mahal maka kita gunakan teknik modifikasi untuk menggunakan driver OCL 150 watt ini untuk dijadikan amplifier speaker Toa. Nah apa saja yang di modifikasi??

Siapkan driver atau kit jadi OCL 150 Watt
yang tinggal pakai atuh kit DIY( dirakit sendiri) tergantung skill anda dalam merakit kalau saya ambil yang mono saja, biar irit seirit iritnya.

Trafo yang digunakan minimal 5 A biasa, atau lebih bagus kalau ada 5A full. Elko yang digunakan cukup 4700 uF 50 volt hanya saja harap menggunakan elko yang berkapasitas baik jangan beli yang abal abal ya.

Untuk Transistor bisa yang murah saja, karena tegangan yang digunakan juga tak kan terlalu besar, yang penting Transistor akhir nya kuat tegangan maksimal 25 Volt, kalau saya pilih TIP 3055 /2955 buatan ST Malaysia /standar lah.

Sekarang kita rubah penguat driver di kit OCL tersebut cukup satu saja yaitu resistor ukuran 560 ohm saya ganti dengan 180 ohm. Pilih sesuai selera ya kalau ukuran karena kalau di rasa suaranya terlalu kasar rubah ke resistor yang resistansi lebih besar, Ini tujuan nya untuk modifikasi suara vokal kita keluar maksimal atau lantang di speaker mesjid.

Yang mana yang harus dirubah kan resistor 560 ohm ada dua, kita pilih yang yang tersambung ke Ground dan kaki yabg keduanya ke elko 47 UF 50 Volt.

Cukup sampai situ saja modifikasi bagian driver nya. Nah sekarang kita beralih ke bagian pre amp mic..

CONTOH TRAFO IMPEDANSI TOA

Saya memilih rangkaian penguat mik merk roland atau juga kita bisa cari merk lain yang penting penguat mik nya selain ada bass treable dan penguat mic diusahakan sekaligus yang ada potensio / pengaturan middle. Potensio middle berguna agat suara speaker Toa nantinya lantang kencang dan mik di mesjid pun lebih sensitif menerima suara yang masuk.

Sekarang modifikasi bagian output amplifier ya agar amplifier rakitan ini tidak merusak speaker Toa ya gan. Ini hanya pengalaman saja ya gan, jangan di ketawain…. Hee

Bagaimana cara agar amplifier rakitan tidak merusak atau membuat speaker Toa jebol terus?

Kalau lah ada trafo impedansi sih ya oke oke saja, kita bisa pasang tuh di speaker Toa, namun berhubung tidak ada, saya pasang saja elko 470 UF 50 volt, nah dipasang nya kalau saya di dalam speaker Toa nya jadi bukan di amplifier nya. Jadi jalur speaker yang satunya di tahan dulu sama Elko ini.

Dan ini hanya pengalaman sampai sekarang speaker Toa ini sangat awet sekali, namun kalau dalam waktu lama suara melemah, cek elko kemudian ganti yang baru.

BACA JUGA DI SINI :  Merubah Tape Jingjing Jadul Supaya Bisa Digunakan Memory Atau Flashdisk

Pos terkait